Saturday, July 21, 2012

Sejarah Perkembangan Internet (Tugas TIK)

Awal Mula Internet Dunia
Internet awal mulanya dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969 melalui proyek APRA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network) mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita dapat melakukan komunikasi dengan jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon.  Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangungan  protokol baru yang sering dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol)

ARPANET TEAM
Proyek ini memiliki tujuan awal untuk kemiliteran. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.
US Department of Defense
ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972 yang pada mulanya mereka hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah dimana mereka membentuk satu jaringan terpadu pada tahun 1969.  Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah dan universitas di negara tersebut ingin bergabung sehingga ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.

Karena kesulitan yang dihadapi, ARPANET akhirnya dipecah menjadi dua yaitu MILNET untuk keperluar militer dan ARPANET baru yang lebih kecil untuk kebutuhan non-militer seperti universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan ini akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet yang kemudia disederhanakan menjadi internet. 
Lambang DARPA
Lambang MILNET
pembagian ARPANET
Sejarah singkat perkembangan internet yang dibentuk oleh Derpatemen Pertahanan Amerika Serikat telah dijelaskan diatas. Berikut beberapa tokoh yang terlibat dan peristiwa penting dalam sejarah perkembangan internet dunia.

  1.  Roy Tomlinson (1972) : berhasil menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan setahun lalu untuk ARPANET dan memperkenalkan icon @
  2. Tom Truscott, Jim Ellis, Steve Bellovin (1979) : menciptakan news group pertama diberi nama USENET.
  3. France Telecom (1981) : menciptakan telepon televisi pertama (video link)
  4. Transmission Control Protocol (TPC) dan Internet Protocol (IP) diciptakan tahun 1982
  5. Domain Name System (DNS) diperkenalkan tahun 1984
  6. Jarko Oikarinen (1988) : menemukan dan memperkenalkan IRC (Internet Relay Chat)
  7. Tim Berners Lee (1990) :  menemukan program editor dan browser yang bisa menjelajah atara satu komputer dengan komputer lainnya yang membentuk jaringan itu. (WWW)
  8. Muncul istilah Surfing the Internet pada tahun 1992
  9. Pertama kalinya virtual shopping atau e-retail muncul di internet, didirikannya Yahoo!, kelahiran Netscape Navigatot 1.0 tahun 1994

Roy Tomlinson
Tom Truscott
Steve Bellovin
Tim Berners Lee
Internet Saat Ini

Saat ini internet telah melalui perkembangan yang sangat pesat.  Internet dijaga oleh perjanjian bilateral ataupun multilateral dan spesifikasi teknikal.  Layanan populer internet juga semakin banyak, antara lain email/surat elektronik, file sharing, WWW (World Wide Web), Gopher, MUD, MUSH dan sebagainya. Layanan ini menggunakan protokol internet seperti IP, TCP, UDP, DNS, PPP, dan masih banyak lagi.  Internet juga menyediakan berbagai layanan untuk berkomunikasi jarak jauh melalu pesan instan seperti Yahoo! Messenger, Windows Live Messenger.

Internet yang semakin populer ini juga tidak menuntup kemungkinan untuk disalah gunakan fungsinya.  Banyak orang termasuk masyarakat Indonesia menggunakan internet untuk membuka situs-situs porno yang tidak mendidik.  Oleh adanya penyalahgunaan tersebut, Negara Indonesia menetapkan UU yang membahas tentang penyalah gunaan teknologi informasi dan komunikasi.

Semakin berkembangnya tekonologi, akses internet semakin mudah.  Apalagi sekarang muncul berbagai macam modem yang dapat digunakan untuk mengakses internet dengan mudah.  Handphone pada era masa kini juga menjadi salah satu media untuk mengakses internet. Semakin banyak akses internet, semakin besar juga peluang unutk menyalahgunakannya, untuk itu kita harus menggunakan teknologi yang satu ini dengan cermat !

Sumber :
http://www.terindikasi.com/2012/04/sejarah-perkembangan-internet-dunia.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_Internet



No comments:

Post a Comment